BJ Manunggal - Computer Assisted Test Project
 

ICT Development & Management Consultant

BJ Manunggal Perkasa was established in 2005. With capitalize proffessionalism and quality of existing resources. BJ Manunggal Perkasa focusing on IT Services...

Ringkasan

Sistem Computer Assisted Test (CAT) adalah metode seleksi menggunakan aplikasi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi calon pelamar kerja. Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme pelamar kerja.

  • Pembuat BJ Manunggal
  • Rilis Desember 2015
  • Kategori Aplikasi Web
  • Klien Kementerian Kesehatan

Ringkasan Proyek

Sumber Daya Manusia merupakan intelektual (human capital) yang harus dikelola secara intensif dan sistematis. Mendukung hal tersebut, sudah sewajarnya bila perusahaan/organisasi memerlukan sistem yang terintegrasi untuk mengelola human capital. Berbagai sistem dalam pengelolaan SDM yang terintegrasi merupakan alat bagi manajemen untuk mengoptimalkan kapabilitas dan kapasitas SDM yang dimilikinya agar mampu memberikan kontribusi terbaik bagi organisasi terbaik bagi organisasi tempat bernaungnya.

Computer Assisted Test (CAT) adalah metode ujian atau seleksi menggunakan aplikasi berbasis web dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar. Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil. Sistem CAT ini nantinya para peserta yang mengikuti tes tersebut menerima soal secara online, kemudian yang bersangkutan langsung menjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang ada. Kemudian secara langsung, jawaban yang diberikan oleh peserta tes tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan di sana.

Alasan Proyek Ini

Diharapkan aplikasi ini dapat digunakan untuk menanggapi lonjakan pelamar kerja sehingga ke depan tidak diperlukan lagi manual setting yang lebih rumit untuk mendampingi aktivitas ujian tes penerimaan pelamar kerja. Meski belum maksimal terhadap dukungan aplikasi yang dimasukkan kedalam website, namun aplikasi ini terbuka untuk disertakan beberapa aplikasi dalam satu paket sehingga memudahkan administrator memperoleh informasi. Masih diperlukan upaya pengembangan dari website ini sehingga variasi di dalamnya dapat membantu pengelola secara maksimal dalam mengatur tes online nyaman bagi khususnya peserta tes.

Hasil

Aplikasi CAT ini dibangun untuk menjawab tuntutan perubahan di dalam asesmen dan kebutuhan yang lebih jauh dari pengolahan hasil asesmen tersebut untuk berbagai kebutuhan guna pengembangan sumber daya manusia terutama di lingkungan Kementerian Kesehatan. Untuk melakukan pembangunan lebih lanjut dari Aplikasi CAT ini, pengembang membutuhkan kepastian dari daftar kebutuhan data terhadap individu asesi. Data-data tersebut berupa NIP, struktur jabatan dan organisasi, pendidikan, wilayah kerja dan sebagainya yang perlu didefinisikan di muka agar pengembangan aplikasi dapat berjalan dengan baik. Namun pengembangan juga dapat dilakukan dengan menggunakan asumsi agar pokok dari tujuan pengembangan aplikasi tidak menjadi terabaikan yaitu pengolahan hasil asesmen. Sejauh ini pengolahan hasil asesmen dengan berbantuan aplikasi berbasis teknologi informasi telah dikerjakan dan diinstal pada server pengembangan milik konsultan.