BJ Manunggal - DJKA Web Posko Project
 

ICT Development & Management Consultant

BJ Manunggal Perkasa was established in 2005. With capitalize proffessionalism and quality of existing resources. BJ Manunggal Perkasa focusing on IT Services...

Ringkasan

Web Posko Dirjen KA merupakan sistem informasi web yang dibangun untuk memudahkan dalam mengelola dan monitoring perjalanan KA khususnya pada saat lebaran, natal, dan tahun baru.

  • Pembuat BJ Manunggal
  • Rilis Desember 2015
  • Kategori Aplikasi Web
  • Klien Direktorat Jenderal Kereta Api

Rincian Proyek

Website Informasi Perjalanan Kereta Api yang di dalam sebutan lain sebagai Web Posko Lebaran tahun 1436 H / 2015 M dikembangkan sebagai sistem awal untuk mengekstrak informasi tentang lalu lintas dan angkutan kereta api. Hal ini ditujukan untuk menjawab secara detail tentang jumlah penumpang per stasiun, per koridor bahkan diarahkan untuk memprediksi jumlah penumpang yang dapat juga menggambarkan jumlah bangku yang disediakan untuk angkutan kereta api.

Secara khusus untuk digunakan pada saat arus puncak mudik dan balik lebaran tahun 1436 H / 2015 M namun dapat juga digunakan untuk di luar jadwal puncak mudik dan balik tersebut.

Alasan Proyek Ini

Diharapkan website ini dapat digunakan untuk setiap posko menanggapi lonjakan arus mudik dan balik pada moda kereta api misalnya untuk lebaran atau tahun baru, sehingga ke depan tidak diperlukan lagi setting lebih rumit untuk mendampingi aktivitas posko dengan pemasangan aplikasi. Meski belum maksimal terhadap dukungan aplikasi yang dimasukkan kedalam website, namun aplikasi ini terbuka untuk disertakan beberapa aplikasi dalam satu paket sehingga memudahkan petugas posko memperoleh informasi. Masih diperlukan upaya pengembangan dari website ini sehingga variasi laporan di dalamnya dapat membantu aktivitas posko secara maksimal dan membantu pemerintah dalam mengawal tersedianya moda transportasi yang aman dan nyaman bagi rakyatnya penumpang kereta api. Data menjadi bagian penting dari website ini, ketika dilakukan evaluasi terjadi perbedaan jumlah data yang mengakibatkan data yang dilayani oleh aplikasi ini. Perlu langkah-langkah konkrit untuk menjadikan aplikasi ini handal yang melibatkan beberapa pihak untuk menguji data-data tersebut sesuai dan dapat digunakan untuk keperluan analisis dan pelaporan.

Hasil

Aplikasi website ini telah digunakan untuk menjawab kebutuhan di lingkungan Dirjen Kereta Api. Untuk melakukan pembangunan lebih lanjut dari aplikasi ini, pengembang membutuhkan kepastian dari daftar kebutuhan data terhadap individu asesi.